Senin, 18 Juni 2012

Opportunity Cost

Kerja disambi kuliah..
*upss,salah papih.

Yap. KULIAH SAMBI KERJA
Kamu wahai mahasiswa, harus merasakan hal ini.
Disaat Ujian Tengah Semester akan datang, biasanya dosen menambah panjang rentetan penderitaan kita dengan mengharus kita mengerjakan tugas kelompok.
Oke, no problem kalo soal tugasnya, but it's KELOMPOK.

Jadi kalo tugas kelompok itu kan kamu harus kerja bareng temen, koordinasi sama mereka, sebisa mungkin ketemu dong ya, kalo ndak gitu pasti adalah ya deadline barengan, ini dan itu...oh maaan, ini sangat repot.
Ya iyalah repot, saat kamu harus kerja, kuliah di kelas, ngerjain tugas individu, ngerjain tugas kelompok, nyempetin waktu kumpul kelompok walau hasilnya waste, prepare belajar buat UTS, ngurusin organisasi..serasa lagi kipas2 di neraka kan yah? se ampuh apa tangan kita kipas2 ttp ajaa panaaassss..

But, it's the risk, baby!!!
Jangan dipikir banget2 bu..
Kerja part time, adalah sesi dimana kamu bisa mengimplementasikan kemampuan non-akademis kamu, mengekspresikan kebebasan bereksperimenmu..
Kuliah, adalah kegiatan ...eeem...apa ya,,,eem.susah deh nulis deskripsi kuliah karena terlalu absurd buat saya.

Boleh kan ya cerita?
Saya adalah alumni Garda Depan Dagadu Djokdja.
Dan sekarang saya akan menjadi Supervisor Omus (salah satu sister brand nya Dagadu) per Juli ini, dan selama setahun kedepan.
Saya sangat menginginkan posisi ini sejak lama. Setelah saya belom keterima jadi Supervisor untuk brand Dagadu.
1. Karena jadwal kuliah saya sudah sangat selo, dan saya bisa bingung kelabakan kalo ndak ada kerjaan
2. Karena saya really need money untuk menyambung hidup dan kuliah saya,,(yang heran, makanya baca dong riwayat hidup saya!!!huurrhh)

Tapi tapi saya sangat takut saat saya dengar bahwa Pak Hadi said, "dan kami putuskan untuk simpan Tifa menjadi Supervisor Omus"
Goood, saya seneng..
Goood, upss kkn ku gmana  dong?

Mulai deh harus menggunakan opportunity cost.
1. Kalau saya nolak ini posisi = saya di blacklist di Dagadu kali yah..saya dapet duit darimana buat ngulang2 mata kuliah..saya bisa mati berdiri kaku karena bosen..kkn aman pastinya
2. Kalau saya lanjoooot = kkn nggak aman nih bau2nya..tapi saya bisa menyambung hidup dengan segala kesenangan dan tantangan di depan.

KKN= 3sks= 45hari= Rp 1.050.000
Apasih ini..?
Kata Mahendra (yang emang sejak awal agak sebel kalo aku kerja), "kamu harus tetep prioritaskan kkn.bisa2nya kamu milih kerja..nggak nggak"
Obrolan panjang ini itu telah terlewati,
Di sudut obrolan kadang saya merasa terpojokkan,jlebb.
Kadang dia juga ngerti kenapa saya harus kerja..
Terus gimana dong..

Ayo, jalan keluarnya adalah
1. Lobying Omus one more time untuk memberi dispensasi masa kkn.
2. Lobying temen kkn untuk memberi ridho saya kerja.
3. Yang ndak bisa di lobi : ORANG DESA DI TEMPAT KKN

Yang harus saya lakukan, alias resiko saya :
1. Dengan milih tetep lanjut kerja di masa KKN, berarti saya siap dihujat sama temen maupun warga
2. Dengan milih tetep kerja di masa KKN, berarti saya harus bisa aware sama jadwal spare di KKN untuk kabur ke OMUS dan baik2 sama orang Omus dan tetep lobi biar saya bisa berada di tempat KKN for a long time..


Tuhaaan, kau memberi ku kesenangan di waktu yang kurang tepat nih kalo aku boleh saran..
Tapi yah apa boleh buat, kau memberi dan aku menerimanya..
Aku minta bantuan ya Tuhan ya,,plisss..
I beg,,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar