Senin, 18 Juni 2012

Hate you Minuman Soda!!!

Okay, kemaren pagi saya eksperimen membuat bolu kukus.
Yauda sih ya gausa protes dan jangan meragukan kemampuan saya di bidang perkomporan.
Resep bolu kukus saya memang aneh mungkin bagi anda yang belum pernah dengar, yap bolu kukus saya memang pake Cola. Dan hasilnya sih kata papih saya, rasanya "kemedol" artinya dalam bahasa jawa : "bisa dijual".
Eniwe, terlepas dari rasa bolu saya yang lezatnya subhanallah. Ceritanya adalah soal soda. Entah kenapa memang tubuh saya selalu menolak makanan "modern nan instan nan gaul nan oke".
Makan mie instan aja perut kalo lagi ngambekan ya bisa bergulung 24jam. Bunyinya cuma "aduh""maamaaa,,sakit perut"
Udah gitu soda, yang notabene minuman gaul banget. Semua usia pasti menggemarinya terbukti lewat tayangan iklannya yang provokatif menggebu2, bisa melegakan tenggorokan, tanah bisa jadi kolam renang so kita bisa langsung "ambles" kedalemnya terus juga sarana kekeluargaan apalah itu.Tapi kan tetep aja om, judulnya MINUMAN SODA! ada CO2 nyah.
Cerita soal buat kue bentar ya..jadi kemaren takeran kue adalah 80ml air cola.nah si mamih kelebihan yang nuang jadi hampir 100ml gt lah.. Walhasil yang kelebihan itu saya kurangi dan saya minumlah itu...
Glek glek...aduuuh geli deh tenggorokan.

--Sore hari nya--
(bangun tidur)
"Mamiii, kok aku pusing"
"Mamii, idung meler"
(baru sadar, ternyata serak jugaa)

Jeeeng jeeeng...
SAKIT.
Dan judul sore itu adalah Flu akibat soda.

Cerita nih ke Mahendra Rio.
"Aku pusing deh, padahal td ndak kenapa2"
--sejam kemudian--
"Masalahnya ketemu, aku minum soda"

Dia said, "Kamu udah tau gabisa minum soda malah lalalalalalaaa,,dulu kan juga udah pernah lalalalalal"
Aku sang, *dudududuuduu


Semanis apapun iklanmu, aku tak tergoda..
Segaul apapun bersama mu aku tak ingin..
Karena yang ku inginkan hanya satu, SEHAT
*apasih kaya masalah gawat aja..


Di dalem Soda yang kamu minum ada apanya sih?
1. CO2 : YAPP.gas yang kluar dari idung kita kan tuh. Berguna untuk memperbaiki flavor minuman. Ini nih yang bikin rasanya agak asem dan bikin geli di lidah di tenggorokan. Bikin minum nggak nyaman aja sih om!!

3. Gula/pemanis: 
- Softdrink reguler:
Sukrosa (gula tebu), sirup fruktosa atau HFCS (High Fructose Corn Syrup). 
- Softdrink diet:
Pemanis sintetis aspartam, sakarin atau siklamat. Di Amerika Serikat menggunakan pemanis sintetis mutakhir : sucralose dan acesulfame-K

okaay, saya rasa Mahendra bisa membantu menjelaskan ini..
Intinya kandungan gula di minuman soda itu tinggi sekali, kalo nggak salah sih dengan jumlah gula yang banyak bisa membuat reaksi sm CO2 nya.
4. Kafein (terutama pada jenis cola dan coffee cream) : kadarnya cukup tinggi, 

membantu seseorang tetap terjaga / tidak mengantuk, jantung dapat berdegub kencang, sehingga tidak direkomendasikan bagi mereka yang hipertensi, berpotensi serangan jantung koroner atau stroke
Selain itu, so much bahan tambahan yang include di tuh minuman..brrr, berasa bukan kaya minum air yah tapi kaya isinya tuh buataaan semua mana namanya aneh2 bikin nggak ngerti..
Oya, kalo yang ini saya ngerti jadi di itu minuman ada Asam fosfatnya..(nilai kimia SMA ku berapa sih, payah)
Dan zat itu bisa meluruhkan kalsium. arrgh, berarti itu gigi lama2 bisa abis dong ya kalo kita minum soda tiap hari???

Huah, dari curhatan saya ini, saya baru sadar ternyata IPA yang saya tempuh selama tiga tahun di SMA sama sekali ndak nempel di otak.
What a pity me, kan yah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar